Sumber Daya Fisik
Dokumen Pameran dapat menjadi control dalam pengadaan dan persiapan material oleh kontraktor atau supplier agar sesuai dengan yang dipersyaratkan. Tidak hanya material fisik seperti standart scheel scheme maupun special design booth tetapi juga perlengkapan pendukung lain seperti elektrik, jaringan internet, telepon.
Cover Proposal kegiatan |
Dokumen pameran tersebut antara lain sebagai berikut:
- Proposal
kegiatan pameran
Proposal dalam suatu event
sangatlah penting dari proposal ini penyelenggara dapat memberi gambaran
kegiatan. Gambaran kegiatan tersebut dapat berupa hal-hal berikut:
a.
Tempat pelaksanaan
b.
Karakteristik pengunjung
c.
Target kegiatan, rangkaian acara, program acara
d.
Penawaran jenis-jenis stand
e.
Ketentuan pembayaran
f.
Layout, dari isi proposal diatas ada informasi
proposal tersebut penyelanggara dapat menentukan elemen/ material pameran.
Tempat pelaksanaan/venue kegiatan mempunyai karakteristik masing-maisng
berkaitan dengan peralatan dan fasilitas yang tersedia. Misalnya ada vnue kegiatan menyediakan secara
lengkap perlengkapan listrik, baik daya utama dan jaringan listrik ke setiap
booth.
- Proposal
Sponsorship
Penyusunan sponsorship didalamnya
memuat beberapa informasi yang dapat dibaca dalam memberi gambaran kegiatan
oleh perusahaan yang potensial sebagai sponsor. Agar dapat menyediakan
informasi yang menandai sesuai kebutuhan calon sponsor, sebuah proposal harus
mengandung bagian-bagian sebagai
berikut:
Cover Proposal Sponsorship |
a.
Gambaran umum
Gambaran umum memberi gambaran mengenai organisasi anda dan manfaat yang dapat
anda tawarkan kepada sponsor.
b.
Rincian event/property
Lembar informasi yang berisi daftar, tanggal, jam, lokasi, proyeksi
jumlah dan profil pengunjung, harga tiket, jumlah keanggotaan dan sebagainya. Semuanya
berkaitan dengan data keras (kuantitatif). Informasi disini bervariasi
tergantung pada jenis acara yang diselenggarakan.
c. Rencana pemasaran
Rencana pemasaran untk event yang telah anda susun dicantumkan di bagian
inti. Missal rencana pemasarannya melalui Baliho, brosure, panflet, radio, dll
d.
Riset pasar
Untuk mendapatkan sponsor anda harus memiliki informasi menyeluruh
mengenai pasar sasaran anda, paling tidak profilnya.
1)
Siapa mereka
2)
Tingkat pendidikan dan penghasilkan
3)
Diamana mereka tinggal
e.
Paket Manfaat
Tampilkan semua manfaat yang ditawarkan kepada calon sponsor dengan
mengambil dari data inventaris manfaat
f.
Investasi
Dalam
kegiatan ini, anda harus merinci semua
bentuk investasi yang dapat dikontribusikan oleh sponsor. Investasi tersebut
dapat berbentuk uang tunai, jasa/barang dan dukungan promosi yang secara langsung menguntungkan organisasi anda. Dari isi
proposal diatas yang berkaitan dengan penyediaan elem/material pameran adalah
paket manfaat. Isi dalam paket ini biasanya berisi fasilitas promosi yang
ditawarkan oleh penyelenggara. Jenis penawaran sponsor adalah jika kategori
Gold maka memback up 100% dari total biaya kegiatan, Silver dengan biaya
sponsor 60% dari biaya anggaran, Broze dengan nilai 40% dan Good Partner adalah
sesuai dengan kesanggupan pihak sponsor dari beberapa kategori sponsorship maka
akan berbeda pula fasilitas yang bias didapatkan.
Paket Sponsorship |
- Kontrak
Dalam menyelanggarakan dan
mensukseskan kegiatan pameran organizer tidak bias bekerja sendiri tanpa
melibatkan pihak lain. Untuk pengadaan
stan biasanya organizer menggandeng stand kontraktor untuk pendirian stand
standar untuk para exhibitor. Kontrak yang
dilakukan oleh organizer bukan hanya dengan kontraktor stand saja tetapi bias juga
dengan pengelola venuem entertainer, media elektronik, pihak ansuransi,
wardrope, dll tergantung dari jenis event.
- Layout
Dokumen penting lainya yang dapat
menjadi dasar dalam penentuan elemen/material pameran khususnya stand adalah
layout dilokasi kegiatan, karena di layout tersebut memuat pembagian stand
yaitu, lenear, corner, peninsular,
island.
Thank you for reading :)
Comments
Post a Comment