Ticketing Reservation
GREETING
- Stand up (berdiri menyambut tamu)
- Greeting (ucapkan salam, selamat pagi/siang/malam)
- Mempersilahkan duduk customer. (setelah customer duduk staff bisa duduk)
SERVIE
Staff : May I help you, sir/mam? (Ada yang bisa saya bantu pak/bu?
Customer : I want to buy a ticket from surabaya to Bali for next week. (Hai. Ya. Saya ingin membeli tiket dari surabaya ke Bali untuk minggu depan.)
Staff : What date? (Tanggal berapa?)
Customer : it’s on Tuesday 27th. (Hari Selasa tanggal 27.)
Staff : Okay. Let me check. (after checking) well sir. there is fligt from surabaya to bali in (tell to te customer about Airline, Time Depart and Arrive, Direct flight/Transit, Price). Which one do you want to choose? (Baik. Saya periksa dulu. [setelah memeriksa] penerangan dari surabaya ke bali (jelaskan ke customer terkait maskapai penerbangan, waktu keberangkatan dan tiba, penerbangan langsung atau transit, dan harganya). penerbangan yang mana yang anda pilih?
Customer : I want to flight in the morning (saya pilih penerbangan pagi saja)
Staff : for how many person? (untuk berapa orang?)
customer : just for me (hanya untuk aku)
Staff : Alright sir/mam. May I borrow your identity card? please write your Number phone here. (baik pak/bu. boleh saya pinjam kartu identitas anda, dan tolong tuliskan nomor telepon di kertas ini) (berikan secarik kertas dan pena.)
Customer : sure, here your are. (baik, ini dia)
Staff : thank you sir, please wait for a moment, I will help you to book this fligt. (baik pak/bu, tolong tunggu sebentar, sy akan membantu anda untuk memesan tiket pesawatnya)
Customer : alright (baik)
Staff : (for a moment) well thank you for waiting, I will konfirmation about your booking flight, (on behalf of (full name), Flight from/- to, time, airline, price, number phone) it's right???. terima kasih telah menunggu, sy akan konfirmasi pemesanan anda, atas nama, penerbangan dari/-ke, waktu tgl dan jam, maskapai penerbangan, harga dan nomor telepon) apakah sudah sesuai ?
Customer : true (benar)
staff : Well, may I accept the payment? (bole sy terima pembayaranyya)
customer : Can payment be via transfer? (apakah bisa transfer)
staff : yes sure, you can scan this barcode for transfer the payment. (bisa, silahkan scan barcode ini untuk pembayarannya)
customer : ok, done. (selesai)
staff : I will check it first (cek pembayaran apakah sudah diterima), well sir, thank you, your payment well done. I will Print your ticket, please wait a moment. (sy akan cetak tiket anda)
sir, this is your ticket, this is your identity card and this is your receipt. please check it first before leaving this place, and make sure nothing leave behind. (pak ini tiket anda, ini kartu identitas anda, dan ini kwitansi pembayarannya, tolong di cek terlebih dahhulu sebelum meninggalkan tempat ini, dan pastikan tidak ada yang tertinggal.
customer : yes, everyting is good, thank you
staff : well, thank you for using our service. see you later, save flight sir.(Terima kasih sudah menggunakan layanan kami. sampai jumpa kembali, semoga penerbangan anda nyaman)
customer : see you
Comments
Post a Comment