Komunikasi dengan Pelanggan dan Kolega dari berbagai latar belakang
Apakah kamu pernah mengunjungi sebuah objek wisata? Lalu, pernahkah kalian memperhatikan karyawan yang berkomunikasi dengan pelanggan maupun koleganya disana? Apakah terdapat perbedaan cara berkomunikasi? Hal inilah yang kan kita pelajari
Teknik Berkomunikasi
1. Unsur komunikasi
- Pengiriman pesan
- Pesan yang dikirim
- Cara mengirim pesan
- Penerima pesan
- Timbal balik
Alur Komunikasi |
Komunikasi dilakukan ileh pihak yang memberitahukan (komunikator) kepada pihak yang menerima (komunikan). komunikasi efektif terjadi apabila suatu pesan yang ingin disampaikan atau diberitahukan komunikator dapat diterima dengan baik atau sama oleh komunikan, sehingga tidak terjadi salah persepsi. pengirim atau sender mengirimkan pesan kepada seorang komunikan dengan cara menggunakan media tertentu. Unsur-unsur yang sangat berpengaruh dalam komunikasi karena merupakan awal atau sumber terjadinya suatu komunikasi sebagai ebrikut:
- Komunikan atau penerima atau receiver
yang menerima pesan dari komunikator, kemudian memahami mengartikan dan
akhirnya memberi respon
- Media yaitu sarana yang digunakan
untuk meneruskan pesan komunikasi, biasanya berupa ucapan, gambar,
tulisan, bahasa formal, bahasa tubuh, dan sandi
- Pesan yaitu isi komunikasi yang
disampaikan oleh komunikator kepada komunikan
- Respon yaitu efek komunikasi sebagai
respon yang diberikan ata penerima pesan.
- Percaya diri atau self konfidence
- Tulus atau sincerity
- Kesungguhan atau seriousness
- Ramah atau friendship
- Berorientasi pada kebenaran atau
truth
- Ketenangan atau poise
- Mau mendengarkan dengan baik atau
good listener
- Komunikasi satu arah yaitu komunikasi
yang melibatkan satu pesan tertulis yang disampaikan pada orang lain.
Contoh buku, naskah, bukti pembayaran
- Komunikasi 2 arah atau timbal balik
komunikasi yang melibatkan 2 orang berkomunikasi misal debat, ceramah
Perbedaan 2
metode ini terletak pada proses persiapanya, intensitas, dan kejadian. Komunikasi
satu arah memungkinkan suatu perencaan yang benar-benar matang serta penyusunan
yang sistematis dan jelas, sedangkan komunikasi dua arah yang kurang memerlukan
informasi yang detail atau rinci cukup dengan garis besarnya saja.
Fungsi Komunikasi
- Fungsi komunikasi ekspresif yaitu
pesan non verbal yang memungkinkan dapat dilakukan sejauh komunikasi
tersebut menjadi sebuah instrumen untuk menyampaikan ekspresi atau perasaan
(emosi kita)
- Fungsi komunikasi ritual ialah
komunikasi yang diwujudkan dengan ritual pengucapan kata-kata dan perilaku
simbolis dalam komunitas tertentu saat pelaksanaan
- suatu upacara.
- Fungsi komunikasi sosial ini yang
dinamakan eksistensi diri. Eksistensi kita akan terlihat ketika kita
berkomunikasi untuk menunjukan bahwa kita itu ada. Komunikasi sangat
penting untuk membangun konsep diri, aktualisasi diri, kelangsungan hidup
untuk memperoleh kebahagiaan, terhindar dari tekanan atau permasalahan.
- Fungsi komunikasi instrumental ialah komunikasi yang bertujuan untuk
menggerakan tindakan, memberikan informasi, membimbing, dan mendorong
perubahan sikap.
- Menurut penyampaiannya
1. Komunikasi lisan adalah komunikasi yang
dilakukan secara tatap muka langsung atau lisan tanpa dibatasi atau jarak. 2 dasar komunikasi lisan:
Komunikasi non-verbal (mengirimkan tanda,simbol, ekspresi wajah)
Komunikasi verbal penyampaian menggunakan bahasa atau kata-kata.
2. Komunikasi tertulis yaitu dalam bentuk
tulisan yang diinformasikan secara singkat, jelas dan biasanya berupa naskah
drama, gambar, dan foto. Perlu diperhatikan maksud, resiko, aman, mudah
dimengerti dan tujuan komunikasi.
- Komunikasi Internal yaitu komunikasi
di ruang lingkup dalam organisasi ataupun perusahaan saja. Tiga macam
komunikasi internal:
a.
Komunikasi
horisontal terjadi antara anggota staff dengan anggota staff yang sifatnya
tidak formal tetapi komunikasi ini tidak terjadi didalam situasi kerja
b.
Komuniasi
vertikal yang terjadi dari pimpinan ke staff atau sebaliknya, seperti perintah,
teguran, pujian dan sebagainya
c. Komunikasi diagonal adalah komunikasi yang terjadi antara pimpinan atau pegawai lain, juga komunikasi yang terjadi antar orang yang mempunyai kedudukan tidak sama dan pada posisi tidak sejalur vertikal
2. Komunikasi Eksternal ialah komunikasi yang terjadi antara pimpinan perusahaan dengan audience di luar organisasi. Komunikasi dengan pihak luar dapat terbentuk:
a.
Eksposisi
, pameran, promosi dan publikasi
b.
Konferensi
pers
c.
Siaran
televisi, radio, dan sebagainya
d.
Bakti
sosial dan pengabdian terhadap masyarakat
- Komunikasi
menurut perilaku
- Komunikasi
non-informal
Komunikasi semi formal yang
dilakukan dalam organisasi, jika membahas tugas organisai maka akan
berkomunikasi formal dan sebaliknya
- Komunikasi
formal
Komunikasi menggunakan bahas baku
dan formal terjadi di dalam organisasi membahas suatu kepentingan organisasi
- Komunikasi
Informal
Komunikasi yang dilakukan tidak
resmi, artinya tidak menggunakan bahasa formal.
- Komunikasi
menurut aliran informasi
- Komunikasi
satu arah komunikasi dari satu pihak saja biasa terjadi dalam keadaan
darurat
- Komunikasi
dua arah komunikasi secara timbal balik
- Komunikasi
keatas terjadi antara bawahan dan atasan
- Komunikasi
kebawah dari atasan ke bawahan
- Komunikasi kesamping sesame karyawan sejawat
- Komunikasi menurut jumlah
a. Komunikasi
kelompok komunikasi yang terjadi
dalam suatu kelompok
b. Komunikasi
perorangan komunikasi antar
individu dengan sifat pribadi
- Komunikasi
Intrapribadi
- Komunikasi
Antarpribadi
- Komunikasi
dalam kelompok
- Komunikasi
antarkelompok/asosiasi
- Komunikasi
Organisasi
- Komunikasi
dengan masyarakat secara luas
–
Komunikasi antarbudaya adalah komunikasi antara
orang-orang yang berbeda kebudayaan, misalnya antar suku bangsa, antaretnik,
ras, dan kelas social
–
Komunikasi antarbudaya adalah komunikasi yang
terjadi antara pengirim pesan dan penerima pesan yang latar belakang
kebudayaannya berbeda.
–
Komunikasi antarbudaya adalah komunikasi ang
ditekankan pada perbedaan latarbelakang kebudayaan yang memengaruhi perikaku
komunikasi para peserta.
Unsur Sosial Budaya
- Sistem
keyakinan, nilai sikap
- Pandangan
hidup tentang dunia
- Organisasi
sosial
This materi's will continou next time
Don't give up and stay healthy
💗 thanks for reading :)
Tinggalkan pertanyaan di kolom komentar
Comments
Post a Comment