Publikasi

     Era digitalisasi ini memungkinkan semua informasi tersebar dan terserap secara cepat. perencaan penyelenggaraan pameran dan sejenisnya memerlukan penyebaran informasi  secara penyeluruh. penyebaran informasi pelaksanaan pameran maupun seminar inilah yang disebut dengan publikasi.






A. Pengertian Publikasi

Publikasi yaitu penyampaian atau penyebarluasan suatu informasi kepada masyarakat umum yang bertujuan  agar  informasi tersebut dapat  tersampaikan pada orang yang dituju. pada pelaksanaan pameran publik  peran publikasi yaitu untuk memublikasikan mengenai informasi yang berkenaan dengan penyelenggaraan pameran itu sendiri agar masyarakat dapat datang ke pameran  tersebut. publikasi dapat dilakukan dengan melalui pembuatan  iklan baik media cetak atau elektronik, pemasangan spanduk, poster, postingan di media sosial, dan sebagainya.

Publikasi merupakan kegiatan yang menyebarluaskan informasi yang berkaitan dengan suatu acara atau kegiatan agar dapat informasikan baik untuk dilihat maupun didengar bagi masyarakat umum,, baik menggunakan sarana dan prasarana dari media cetak atau media sosial. sedangkan publisitas yaitu suatu udaha dalam menyebarkan informasi mengenai produk atau pengenalan perusahaan yang disampaikan ke publik dengan cara menyajikan berita secara komersial.

B. Macam-macam Publikasi

1. Korespondensi

Korespondensi secara sederhana merupakan kegiatan saling bertukar pikiran dan tukar pesan  melalui surat sebagai sarana utamanya. korespondensi sendiri berasal dari bahasa inggris "correspondence" yang berati surat menyurat. sedangkan orang yang melakukan korespondensi disebut sebagai koresponden. biasanya korespondensi  ini terjadi antara instansi ataupun antar organisasi dengan surat sebagai sarana untuk komunikasi.  aktivitas dalam korespondensi pameran dan penerimaan surat balasan. penguasaan pengetahuan korespondensi ini berupa tiga bagian, yaitu:

    a. Pemahaman bahasa surat menyurat

    pemahaman mengenai bahasa ssurat meliputi beragam hal kebahasaan terutama yang sesuai dengan     ejaan yang disempurnakan.

    b. Pemahaman tata cara penulisan surat.

    Dalam pengethuan dan tata cara penulisan surat yang harus dikuasai yaitu bentuk dan jenis surat,             bagian-bagian surat, tahap-tahap penulisan surat, dan penulisannya.

    c. Pemahaman mengenai pengiriman

    Hal ini meliputi beberapa hal yang berkaitan dengan proses pengiriman, penanganan hingga         penerimaan surat.

    2. Laporan Tertulis
    

      a. Laporan Penelitian

laporan penelitian antara lain:

       1). Skripsi : sebuah karya tulis ilmiah sebagai laporan hasil penelitian untuk menempuh pendidikan         strata 1

        2). tesis, laporan penelitian untuk mahasiswa/i pascasarjana]

        3). Disertasi: laporan penelitian untuk program doktoral/S3

        b. Jurnal

       jurnal merupakan tulisan berupa berita informasi yang  diulas secara faktual dan aktual. jenis                 jurnal, yaitu:
        1). Jurnal Nasional: publikasi karya ilmiah dalam bentuk jurnal yang diterbitkan secara nasional

        2). Jurnal internasional: Jurnal yang diterbitkan dengan skala internasional

        c. Artikel

        jenias artikel, yaitu:

        1). Majalah

        2). Surat kabar/koran

        3).  Media daring/sosial media

3. Pertemuan ilmiah

a. seminar

merupakan pertemuan ilmiah dengan fokus dan tema yang sudah ditentukan. ciri-ciri seminar yang baik dan efektif memuat beberapa hal yaitu berikut ini:

1). Durasi seminar yang mencukupi

2). Tema/topik seminar yang jelas

3). perlu penyelesaian terhadap tema yang diangkat

4). moderator atraktif

b. pidato

c. konferensi

d. symposium

C. Peran Publikasi Event dalam MICE

    Berikut ini merupakan fungsi dari publikasi acara/event dalam MICE

    1. Memperkenalkan gagasan atau ide  dari suatu tema

    2. Memberikan dan melengkapi informasi

    3. Menambah pengetahuan

    4. Menyampaikan opini

    5. Citra diri ( Personal branding)

    6. Citra produk ( Product branding)

    7. Sumber jaringan promosi

    8. Menaikan reputasi


C. Peran Publikasi Event Dalam MICE

berikut ini merupakan fungsi dari publikasi acara/event dalam MICE:

    1. Memperkenalkan gagasan atau ide dari suatu tema

    2.  Memberikan dan melengkapi informasi

    3. Menambah pengetahuan

    4. Menyampaikan opini

    5. Citra diri (personal branding)

    6. Citra Produk ( Product branding )

    7. Sumber jaringan promosi

    8. Menaikan reputasi


D. Teknik Publikasi Promosi Event

    1. Promosi dengan Komunitas

        Promosi yang dilakukan untuk mengajak pasar dari komunitas atau kumpulan orang yang mempunyai ketertarikan di bidang tertentu. Jika temannya sesuai dengan komunitas yang diajak maka kemungkinan besar akan mendapatkan dukungan yang baik.

2. Promosi dari teman keteman

            Pertemanan merupakan media yang paling mudah untuk promosi  baik itu teman bermain maupun teman kantor. pertemanan ini secara psikologis akan memberikan kepercayaan yang berbeda dan memberikan pengaruh yaitu kemantapan jiwa untuk ikut bergabung didalamnya.

3. Publikasi Cetak

                Publikasi cetak berupa poster,banner, katalog, falyer, dll. Publikasi cetak ini lebih banyak mengeluarkan biaya  untuk membuatnya. Sedangkan untuk publikasi cetak ini hendaknya menggunakan bahsa marketable dan persuasif dengan tulisan dan makna yang lain dari pada yang lain sehingga akan mengalihkan focus dan pandangan pada media cetak yang telah dibuat.

4. Promosi Online melalui Media Sosial

                Cara ini dianggap cara paling ekonomis dan  mudah untuk digunakan sebagai media promosi. Media sosial lebih luas jangkauannya dan kecepatannya asalkan ada jaringan internet. media sosial yang sering digunakan yaitu website, blog, ig, fb, wa, tiktok dll.'

5. Promosi media iklan

            Publikasi ini mahal dan berdmpak pada komunitas masyarakat, hal ini karena yang dilakukan melalui radio, televisi, dan koran. sehingga  berbayar dan sesuai dengan provider yang digunakan.

E. Publikasi dan Promosi Melalui MICE

    berikut ini merupakan keuntungan dari promosi diacara MICE

    1. Menyampaikan suatu pesan ke sasaran pasar/segmentasi pasar yang dituju.

   2. Publikasi maupun promosi  berfungsi sebagai usaha untuk memberikan dan  membangun citra             atau image dari  suatu produk

    3. Promosi akan meningkatkan ketertarikan  konsumen akan suatu produk yang  akan dilakukan

    4. Menjadi sarana untuk mengokunikasikan strategi jualan yang sedang atau akan dilakukan]

    5. Membangun reputasi perusahaan atau corporate branding


F. Manfaat Mengikuti Pameran

    Berikut ini merupakan keuntungan dari promosi di acara MICE:

1. Sarana pengenalan produk baru secara efektif

    Dengan berpartisipasi pada acara pameran sangat membantu secara efektif bagi usaha kecil yang baru berkembang. Karena biasanya  banyak pengunjung yang datang ke acara pameran sehingga dalam melakukan promosi akan lebih mudah dan memperkenalkan produk dengan skala besar tergantung dengan jenis pameran yang di ikuti.

2. Memperkuat company image

    Apabila sebuah organisasi atau perusahaan mengikuti kegiatan pameran secara rutin maka hal tersebut akan membuat citra perusahaan semakin dikenal masyarakat. jadi, bisa disimpulkan bahwa dengan berpartsisipasi di acara pameran bukan hanya untuk mendapatkan keuntungan secara komersial namun juga untuk membangun citra perusahaan di mata publik.

3. Mendapatkan info pesaing bisnis

    Dengan mengikutiu acara pameran juga akan mengetahui sejaug mana kemajuan para pesaing di bidang yang sama. Hal ini merupakan hal penting untuk dilakukan agar terus bersaing dan tidak ditinggalkan oleh pelanggan.

4. Observasi Tren Pasar

    Pada penyelenggaraan pameran pengusaha bisa memperoleh informasi terkini mengenai tren pasar yang diminati oleh masyarakat luas. Hal itu dilakukan dengan cara mengamati minat pengunjung saat di pameran sehingga perusahaan bisa menyusun strategi bisnis di masa  yang akan datang sesuai dengan minat pembelian masyarakat.

5. Evaluasi Tim Kerja

     Dengan mengikuti pameran pihak perusahaan juga bisa melihat dan menilai sumber daya manusia yang dimiliki. Terutama pada kemampuan menawarkan produk, promosi hingga mencapai kesepakatan dengan konsumen untuk membeli produk yang ditawarkan. selain melihat kemampuan perorangan, perushaan juga dapat mengetahui kerja sama tim selama pameran diselenggarakan.


Comments

Popular posts from this blog

STAGING

Komunikasi dengan Pelanggan dan Kolega dari Berbagai Latar Belakang

Club Bunga Butik Hotel and Resort Kota Wisata Batu