Pemeliharaan Standar Kinerja

 

Standar Grooming

Pernahkah kalian datang ke restoran, hotel, atau tempat wisata? Bagaimana penampilan dan pelaku karyawan disana? Apakah sudah sesuai harapan?

A. Standar Kerja Pribadi
Menjaga dan memlihara standar kinerja pribadi sangatlah penting demi menunjang pekerjaan. Dalam dunia pariwisata bukan hanya kinerja saja yang dinilai melainkan penampilan pun tak luput dari perhatian. Hal ini disebabkan oleh penampilan memengaruhi kesan pertama seseorang akan kinerjanya. Karyawan yang bersih, rapi, segar, dan ramah pasti memberikan kesan awal yang baik bagi pelanggan sehingga ia akan yakin bahwa pekerja tersebut memiliki kinerja yang baik pula.

    Standar kinerja memiliki tujuan, yaitu membimbing perilaku karyawan supaya dapat melaksanakan standar yang telah dibuat. Standar kinerja merupakan identifikasi tugas pekerjaan, kewajiban, dan elemen kritis yang menggambarkan apa yang harus dilakukan. Standar kinerja terfokus pada seberapa baik tugas akan dilaksanakan.

B. Faktor Penting Standar Kinerja Pribadi
1. Grooming
Standart grooming

Grooming  yaitu penampilan diri yang menunjukan citra diri secara keseluruhan dan memerikan kesan penampilan prima, sehingga siapapun yang melihat  pasti akan tertarik.

 Hal-hal yang perlu diperhatikan untuk grooming karyawan ialah:

       Berhias diri dengan sewajarnya

       Menggunakan perhiasan yang tidak berlebihan

       Gunakan pakaian yang sesuai dengan tempat kerja

a. Pakaian setelan lengkap

Pakaian setelan lengkap terdiri dari pantalon (celana formal) atau rok formal, jas, dasi  dengan hem senada serta sepatu pantovel. Sabaiknya pagi hari tidak memakai warna hitam.

 

Setelan formal jas


b. Pakaian resmi (black tie)

Terdiri atas celana hitam, kemeja putih, dasi kupu hitam. Di negara barat sering memakai black tie.

Tetapi di Indonesia untuk pakaian resmi sangat fleksibel atau biasa diganti dengan batik.

 

c. Dark suite

Dark suite dianggap pakaian resmi budaya indonesia. pakaian jenis ini dapat diapakai untuk kegiatan sehari-hari maupun acara kantor  yang pentimg sopan



2. Make up atau  berhias

Berhias diri atau make up diperlukan untuk  menunjang penampilan  sebab jika penampilan karyawan berseri maka akan lebih sedap dipandang. Namun hindari memakai riasan yang berlebihan karena terkesan norak dan tidak sewajarnya. berikut langkah-langkah untuk merias wajah: 

 

       Menggunakan pembersih wajah

       Menggunakan penyegar

       Menggunakan pelembab

       Menggunakan alas bedak untuk perempuan

       Menggunakan bedak tabur untuk perempuan

       Menggunakan mascara

       Menggunakan blass on

       Menggunakan lipstik

       Menggunakan bedak badat untuk sentuhan akhir

       Handbody

       Parfume

       Minyak rambut

 3. Personal hygiene

Personal hygiene adalah pemeliharaan  kebersihan pada seseorang  untuk mendapat pribadi yang sehat secara fisik maupun psikis.

a. Kebersihan kulit

Hal ini bisa dihjaga dengan mandi teratur. Gunakan kosmetik yang cocok untuk menghindarkan dari masalah kulit. 

Perawatan kulit wajah

b. Kebersihan tangan

Tangan adalah hal yang sering ditampilkan maka perlu perawatan teratur seperti rajin cuci tangan memotong kuku dan hindari memberi cat pada kuku. 


 c. Rambut

Hindari rambut berantakan saat bekerja. Jika rambut terlalu panjang maka harus diikat atau di cepol. Jika berhijab gunakan hijap yang rabi. Hindari rambut gondrong pada pria dan gunakan gel pomade agar terlihat rapi.

d. Kebersihan gigi

Perawatan gigi sangat penting dilakukan agar penampilan lebih bersih dan menarik. Lakukan pemeriksaan gigi secara teratur agar terhindar dari kerusakan gigi dan bau mulut


 4. Cara bersikap

       Percaya diri

       Ketenangan

       Tabiat yang elegan

       Sikap bandan yang baik

       Sikap yang baik, ramah, dan sopan santun



5. Cara berbicara

Seseorang karyawan apalagi dalam bidang pariwisata wajib hukumnya untuk bertutur kata yang baik. Berikut cara berbicara dengan standar kinerja pribadi:

       Pronounciation

       Kejelasan

       Irama aksen

       Tempo saat berbicara


6. etiket

       Gaya

       Perilaku sosial

       hormat

 

💗 Thanks for reading

Don't Give up and always be Thanksful :)

 Tinggalkan pertanyaan di kolom komentar

Comments

Popular posts from this blog

STAGING

Komunikasi dengan Pelanggan dan Kolega dari Berbagai Latar Belakang

Club Bunga Butik Hotel and Resort Kota Wisata Batu