Bekerja Dalam Tim

 Pasti kalian pernah menonton sepak bola, apakah kalian memperhatikan cara mereka dalam bekerja sama? Dari menggiring dan menghalau bola agar tak direbut oleh lawan hingga mengegolkan bola digawang lawan. Hal tersebut tak lepas dari  adanya kerja sama tim. Oleh karena itu, kita akan membahas bekerja sama dalam tim.



Kerja tim ialah  kerja berkelompok dengan kertampilan yang saling melengkapi untuk mencapai tujuan bersama secara efektif dan efesien.

Biasanya teamwork beranggotakan orang-orang yang memiliki perbedaan keahlian, sehingga dijadikan kekuatan yang saling melengkapi dan berkomitmen untuk mencapai tujuan bersama .

Manfaat dan Peran Kerja Tim

  1. Pekerjaan menjadi ringan
  2. Semangat kebersamaan
  3. Pekerjaan menjadi efektif dan efisien
  4. Komunikasi antara partner kerja akan terjalin dengan baik
  5. Kinerja organisasi meningkat

Tahapan Pembentukan dan Karakteristik Kerja Tim

  1. Proses Pembentukan Tim
  1. Forming adalah kesadaran akan komitmen bersama untuk membentuk tim dan penerimaan menjadi anggota tim
  2. Storming  adalah kemunculan badai atau konflik tentang klasifikasi dan kepemilikan
  3. Norming usaha yang dilakukan  untuk bekerjasama berupa keterlibatan dan dukungan membuat dan mematuhi norma baru
  4. Performing  adalah meningkatkan produktifitas kerja berupa target pencapaian kinerja dan rasa bangga
  5. Andjouring perpisahan memberikan pengakuan dan kepuasan

Karakteristik Kerja Tim Efektif

  1. Kerja tim jelas
  2. Suasana informal
  3. Banyak berdiskusi
  4. Banyak mendengar
  5. Kepercayaan dan keterbukaan
  6. Menerima perbedaan pendapat (saling menghargai)

Faktor Pemahaman Tujuan Teamwork

1.       Menentukan tujuan tim

  1. Sebaiknya yang menantang
  2. Harus dapat dicapai
  3. Harus dimengerti
  4. Target waktu pencapaian tertulis jelas

2.       Menawarkan dan Memberikan Bantuan                                             

Keuntungannya adalah menjadi dalan efektif untuk berkomunikasi dan konsultasi, mendapatkan skill baru, memiliki rasa percaya dan hormat.

3.       Umpan Balik dapat diambil dalam berbagai bentuk

  1. Upaya apa yang akan dilakukan
  2. Pengharghaan yang akan didapat
  3. Komentar untuk mitra kerja

Cara Membangun Teamwork di tempat kerja

  1. Tujuan yang jelas
  2. Bangun kepercayaan
  3. Buat kegiatan untuk mendekatkan anggota tim
  4. Ciptakan sistem penghargaan
  5. Kompetensi dalam anggota tim
  6. Lakukan pemeriksaan secara rutin

 

Thanks for reading :)

Tinggalkan pertanyaan di kolom komentar


Comments

Popular posts from this blog

STAGING

Komunikasi dengan Pelanggan dan Kolega dari Berbagai Latar Belakang

Club Bunga Butik Hotel and Resort Kota Wisata Batu