Penataan Tempat pendaftaran MICE
Sebelum suatu event MICE terselenggara tentu proses pendaftaran adalah salah satu tahapan yang penting. Agar proses pendaftaran bisa berjalan dengan efesien dan efektif diperlukan ketrampilan dalam menata tempat pendaftaran. hal ini yang akan kita pelajari
Dalam melayani pendaftaran peserta mice, ada dua metode yang bisa dilakukan yaitu manual (secara langsung) dan online. berikut penjelasnya:
- Pendaftaran secara Manual
Pendaftaran secara manual berati harus menyiapkan tempat pendaftaran (stan) atau lokasi pendaftaran dengan dilengkapi fasilitas yang menunjang dalam melayani pendaftaran peserta mice. bisa berupa manual book dan atk.
Identifikasi Penataan Tempat pendaftaran
Dalam perencanaan dan pengelolaan suatu pameran dan konferensi, kita perlu memahami:
1. Penataan lokasi dan perancangan stan- Stan menampilkan kesan corporate: atraktif (menarik) menyenangkan dan indah/positif
- Perancangan unik dan memberikan saran/nasihat kepada konsumen mengenai stan yang dikehendaki
2. Pembangunan kerangka stan pendaftaran- Ukuran stan
- Lokasi stan
- Rancang ketinggian stan dan pergerakan
- Dekorasi dan grafis
- Sirkulasi udara
- Jumlah staf
- Pengaturan tempat makan
Ketika membuat rencana penyelenggaan kegiatan konvensi, terlebih dahulu kita harus mengetahui secara pasti dan jenis dari kegiatan konvensi dan apa yang dilaksanakan. Karena jenis kegiatan konvensi amat beragam, kita perlu mengetahui apa saja yang harus kita siapkan dalam penyelenggaan nantinya. contoh jenis konvensi sebagai berikut:
1. Acara pertemuan persahaan (holding company) Acara pertemuan perusahaan (holding company) dapat berupa:
- Pertemuan penjualan
- Pertemuan managemen atau pemegang saham
- Presentasi produk baru
- lain-lain
2. Asosiasi / organisasi meeting Asosiasi organisasi meeting dapat berupa:
- Konferensi tahunan / periode
- Pertemuan para ahli dan profesional
- Sidang umum
- Pertemuan para eksekutif
3. Dari sisi geografis Jenis pertemuan yang dibagi dalam beberapa wilayah, antara lain:
- pertemuan lokal
- Pertemuan regional
- Pertemuan internasional
4. Identifikasi jenis pertemuan - Identifikasi data keperluan event
- Identifikasi besar/ukuran, lama penyelenggaraannya, dan peserta event
- tentukan perlengkapan event
5. Identifikasi objek eventTujuan akhir atau sasaran dari suatu kegiatan pertemuan amat tergantung pada jenis pertemuan itu sendiri. perencanaan konferensi sebaiknya memahami latar belakang, seluk beluk dari suatu event yang akan ditandatangani. ia dipersyaratkan pula mampu mengetahui sasaran apa yang diharapkan oleh pertemuan tersebut pada akhir penyelenggaraannya. kemampuan mengetahui objek event akan sangat membantu dalam merancang proses penyelenggaraan event itu sendiri. sehingga lebih memudahkan dalam persiapan segala keperluan untuk mendukung terwujudnya tujuan penyelenggaraan event tersebut. Ada dua kemungkinan sebagai sumber event, yakni:
- Bersumber dari klien, artinya klien yang menentukan sendiri event objektive. jika demikian klien yang akan menetapkan pula tema event, misalnya yang menjadi klien adalah suatu asosiasi atau organisasi, termasuk company, biasanya mereka terlebih dahulu telah mendefinisikan objek event.
- Bersumber dari organizer, planner, atau creator. dalam hal ini, jika mereka sendiri yang menetapkan event objektif. misalnya organizer, palnner, sekaligus juga sebagai creator, seperti dalam penyelanggara seminar atau workshop, maka mereka berusaha mendefinisikan objek event dan tema yang dapat dijual. merupakan hal yang biasanya terjadi bahwa tujuan atau sasaran akhir dari suatu seminar lebih awal diinformasikan kepada khalayak sasaran. berdasarkan obejk event dan tema selanjutnya mereka menentukan program, pembicara, peserta, dan lain-lain.
Pertimbangan Tempat Pendaftaran1. Penetapan lokasi dan ruang pendaftaran Konvensi Dalam penentuan terjadi dia kemungkinan seperti berikut:
- Pihak klien yang menetapkan dan megkonfirmasikan lokasi tempat penyelenggaraannya.
- Perencana mutlak menentukan lokasi dan tempat pertemuan misalnya penyelanggaraan suatu seminar atau workshop atau konferensi
Pertimbangan tempat penyelenggaraan secara geografis, misal aksesibilitasnya. jadi lebih menentapkan siapakah yang akan menjadi sasaran event tersebut. pertimbangkan dalam menentukan kondisi sekitar lokasi dimana pertemuan akan digelar, misal di perbatasan Kota, hotel, pantai, resort, dll.
2. Perlengakapan fasilitas pendaftaran Perlengkapan fasilitas dan pelayanan kesekretariatan dari pertemuan atau konferensi amat beragam sehingga tidak ada standar yang berlaku umum. oleh karenanya perlu pengetahuan dan pengalaman mengenai apa-apa saja perlengakapan yang biasanya dibutuhkan. selanjutnya, daftar standar fasilitas ruang pertemuan meliputi hal berikut:- ukuran ruang serbaguna, dapat menampung semua peserta dan dilengkapi fasilitas- Ruang khusus untuk kesekretariatan- Lokasi ruang yang berdekatan- Lighting- dekorasi- Kemampuan audio visual- fasilitas toilet
3. Penyelesaian ruang pendaftaran
hal yang perlu mendapatkan pertimbangan dalam melakukan site selection/site inspection, antara lain sebagai berikut:
- Bentik penampilan dan kebersihan fasilitas
Dalam hal ini, kita perlu tahu bagaimana bentuk tampilan dan kesan fasilitas yang kita tampilkan secara menyeluruh. - Mudah dicapai
lokasi yang mdah dicapai, aksesibilitas peserta dalam acara pertemuan juga harus diperhatikan, baik lalu lintas, kondisi jalan, dan transportasi umum
- Faktor spesifik
Jumlah tempat pendaftaran, efektifitas prosedur pembayaran, stan stanby yang menangani pendaftaran, fasilitas/teknologi terbaru
- Pendaftaran secara online
Pendaftaran secara online sangat mudah dan praktis dimana para pendaftar tidak perlu ketempat pendafataran karena dapat dilakukan dimana saja. pendaftaran online bisa menggunakan gawai atau komputer yang terhubung oleh internet. pendaftaran online bisa memakai google form atau yang lainya.
berikut cara membuat pendaftaran melalui media google form, silahkan klik link berikut
Thanks for reading :)Tinggalkan pertanyaan di kolom komentar
- Stan menampilkan kesan corporate: atraktif (menarik) menyenangkan dan indah/positif
- Perancangan unik dan memberikan saran/nasihat kepada konsumen mengenai stan yang dikehendaki
2. Pembangunan kerangka stan pendaftaran
- Ukuran stan
- Lokasi stan
- Rancang ketinggian stan dan pergerakan
- Dekorasi dan grafis
- Sirkulasi udara
- Jumlah staf
- Pengaturan tempat makan
Ketika membuat rencana penyelenggaan kegiatan konvensi, terlebih dahulu kita harus mengetahui secara pasti dan jenis dari kegiatan konvensi dan apa yang dilaksanakan. Karena jenis kegiatan konvensi amat beragam, kita perlu mengetahui apa saja yang harus kita siapkan dalam penyelenggaan nantinya. contoh jenis konvensi sebagai berikut:
1. Acara pertemuan persahaan (holding company)
Acara pertemuan perusahaan (holding company) dapat berupa:
- Pertemuan penjualan
- Pertemuan managemen atau pemegang saham
- Presentasi produk baru
- lain-lain
2. Asosiasi / organisasi meeting
Asosiasi organisasi meeting dapat berupa:
- Konferensi tahunan / periode
- Pertemuan para ahli dan profesional
- Sidang umum
- Pertemuan para eksekutif
3. Dari sisi geografis
Jenis pertemuan yang dibagi dalam beberapa wilayah, antara lain:
- pertemuan lokal
- Pertemuan regional
- Pertemuan internasional
4. Identifikasi jenis pertemuan
- Identifikasi data keperluan event
- Identifikasi besar/ukuran, lama penyelenggaraannya, dan peserta event
- tentukan perlengkapan event
5. Identifikasi objek event
Tujuan akhir atau sasaran dari suatu kegiatan pertemuan amat tergantung pada jenis pertemuan itu sendiri. perencanaan konferensi sebaiknya memahami latar belakang, seluk beluk dari suatu event yang akan ditandatangani. ia dipersyaratkan pula mampu mengetahui sasaran apa yang diharapkan oleh pertemuan tersebut pada akhir penyelenggaraannya. kemampuan mengetahui objek event akan sangat membantu dalam merancang proses penyelenggaraan event itu sendiri. sehingga lebih memudahkan dalam persiapan segala keperluan untuk mendukung terwujudnya tujuan penyelenggaraan event tersebut.
Ada dua kemungkinan sebagai sumber event, yakni:
- Bersumber dari klien, artinya klien yang menentukan sendiri event objektive. jika demikian klien yang akan menetapkan pula tema event, misalnya yang menjadi klien adalah suatu asosiasi atau organisasi, termasuk company, biasanya mereka terlebih dahulu telah mendefinisikan objek event.
- Bersumber dari organizer, planner, atau creator. dalam hal ini, jika mereka sendiri yang menetapkan event objektif. misalnya organizer, palnner, sekaligus juga sebagai creator, seperti dalam penyelanggara seminar atau workshop, maka mereka berusaha mendefinisikan objek event dan tema yang dapat dijual. merupakan hal yang biasanya terjadi bahwa tujuan atau sasaran akhir dari suatu seminar lebih awal diinformasikan kepada khalayak sasaran. berdasarkan obejk event dan tema selanjutnya mereka menentukan program, pembicara, peserta, dan lain-lain.
Pertimbangan Tempat Pendaftaran
1. Penetapan lokasi dan ruang pendaftaran Konvensi
Dalam penentuan terjadi dia kemungkinan seperti berikut:
- Pihak klien yang menetapkan dan megkonfirmasikan lokasi tempat penyelenggaraannya.
- Perencana mutlak menentukan lokasi dan tempat pertemuan misalnya penyelanggaraan suatu seminar atau workshop atau konferensi
Pertimbangan tempat penyelenggaraan secara geografis, misal aksesibilitasnya. jadi lebih menentapkan siapakah yang akan menjadi sasaran event tersebut. pertimbangkan dalam menentukan kondisi sekitar lokasi dimana pertemuan akan digelar, misal di perbatasan Kota, hotel, pantai, resort, dll.
Pertimbangan tempat penyelenggaraan secara geografis, misal aksesibilitasnya. jadi lebih menentapkan siapakah yang akan menjadi sasaran event tersebut. pertimbangkan dalam menentukan kondisi sekitar lokasi dimana pertemuan akan digelar, misal di perbatasan Kota, hotel, pantai, resort, dll.
2. Perlengakapan fasilitas pendaftaran
Perlengkapan fasilitas dan pelayanan kesekretariatan dari pertemuan atau konferensi amat beragam sehingga tidak ada standar yang berlaku umum. oleh karenanya perlu pengetahuan dan pengalaman mengenai apa-apa saja perlengakapan yang biasanya dibutuhkan. selanjutnya, daftar standar fasilitas ruang pertemuan meliputi hal berikut:
- ukuran ruang serbaguna, dapat menampung semua peserta dan dilengkapi fasilitas
- Ruang khusus untuk kesekretariatan
- Lokasi ruang yang berdekatan
- Lighting
- dekorasi
- Kemampuan audio visual
- fasilitas toilet
3. Penyelesaian ruang pendaftaran
hal yang perlu mendapatkan pertimbangan dalam melakukan site selection/site inspection, antara lain sebagai berikut:
- Bentik penampilan dan kebersihan fasilitas
Dalam hal ini, kita perlu tahu bagaimana bentuk tampilan dan kesan fasilitas yang kita tampilkan secara menyeluruh.
- Mudah dicapai
lokasi yang mdah dicapai, aksesibilitas peserta dalam acara pertemuan juga harus diperhatikan, baik lalu lintas, kondisi jalan, dan transportasi umum
- Faktor spesifik
Jumlah tempat pendaftaran, efektifitas prosedur pembayaran, stan stanby yang menangani pendaftaran, fasilitas/teknologi terbaru
- Pendaftaran secara online
berikut cara membuat pendaftaran melalui media google form, silahkan klik link berikut
Thanks for reading :)
Tinggalkan pertanyaan di kolom komentar
Comments
Post a Comment