Memberi Bantuan Pelanggan Internal dan Eksternal
Konsumen / Pelanggan diartikan sebagai orang-orang yang membeli dan menggunakan produk atau jasa dari suatu perusahaan.
Konsumen dibagi menjadi 3:
1. Konsumen Internal : adalah setiap orang yang ikut menangani proses pembuatan maupun penyediaan produk di dalam perusahaan atau organisasi (Receptionost, Cheff, Bellboy).
2. Konsumen Intermediate : adalah mereka yang bertindak atau berperan sebagai perantara, bukan sebagai pemakai akhir produk itu (Travel agent).
3. Konsumen Eksternal : adalah pembeli atau pemakai akhir atau disebut sebagai pelanggan yang nyata ( Wisatawan)
Customer Demand
Customer demand / Permintaan pelanggan adalah sejumlah barang/jasa yang dibeli atau diminta pada suatu harga/waktu tertentu. Dijelaskan pula bahwa fungsi permintaan konsumen adalah jumlah barang/jasa yang diminta sesuai dengan penilaian konsumen terhadap barang/jasa. Jika Kebutuhan /keinginan muncul di dukung oleh kemampuan untuk memnuhi kebutuhan/keinginan tersebut, maka akan muncul sebuah permintaan agar kebutuhan/keinginan tersebut terpenuhi.
Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Permintaan
1. Perilaku konsumen/selera konsumen, kadang selera konsumen juga terpengaruh oleh trend yang sedang booming. sehingga pelaku usaha harus menyesuaikan produksi barang/jasa sesuai dengan perilaku/selera konsumen tersebut.
2. Ketersediaan dan harga barang/jasa. Tak jarang karena ketersediaan barang/jasa yang dibutuhkan konsumen tidak ada, maka konsumen beralih kepada produk/jasa lain yang stoknya melimpah.
3. Pendapatan/Penghasilan Konsumen. Orang yang mempunyai gaji/tunjangan besar cenderung memilih Barang/Jasa yang berkualitas dengan tidak terlalu mempedulikan harga yang tertera. Sedangkan orang yang yang tunjangannya paspasan atau tergolong rendah akan memilih barang/jasa yang terjangkau yang penting dapat memenuhi kebutuhannya.
4. Perkiraan harga dimasa depan. Orang akan lebih memilih membeli barang/jasa disaat harga tersebut turun atau terjangkau, kadang harga barang/jasa juga tergantung waktu, misalnya weekend jika di sektor pariwisata, atau menjelang perayaan hari besar harga barang-barang itu identik naik.
5. Banyaknya /Intensitas Kebutuhan Konsumen pada saat musim liburan maka permintaan akan jasa paket wisata cenderung banyak dibandingkan bulan-bilan lainya. Pada saat musim sekolah masuk ajaran baru kebutuhan akan produk alat sekolah juga semakin banyak.
Harapan Pelanggan
Seorang pelanggan yang datang ke sebuah toko atau objek wisata tak semata-mata hanya menginginkan produk fisik saja, melainkan ingin mendapatkan sebuah layanan yang baik, ramah, sopan, dan santun. Pelanggan sealu memiliki harapan dan ekspektasi akan layanan yang akan ia dapatkan.
1. Menerima pelayanan yang baik
2. mendapatkan informasi yang jujur dan benar tentang produk yang akan dibelinya.
3. Potongan harga/ diskon dari toko atas barang/jasa yang dibelinya
4. Membeli barang yang di inginkan dengan harga yang wajar
Mencari dan Mendatangkan Customer
Untuk mencari konsumen diperlukan sebuah produk yang tepat untuk dijual kepada customer dan perencanaan yang baik untuk melakukan pemasaran produk kepada customer. agar konsumen tertarik untuk membeli produk maka sebelum menjual suatu produk harus bisa memperhatikan hal berikut:
1. Right Product, Menciptakan produk yang tepat
2. Right Place, Menciptakan tempat yang tepat
3. Right Price, Menciptakan harga yang tepat
4. Right Time/Moment, Menciptakan waktu yang tepat
Setelah memperhatikan beberapa hal diatas, supaya bisa mendatangkan konsumen yang tepat strategi, hal yang harus dilakukan sebagai berikut:
1. Membidik konsumen potensial disekitar, misalnya memperkenalkan produk kepada kerabat dekat.
2. Membedakan konsumen berdasarkan karakternya, misal membedakan berdasarkan usia, jenis kelamin, dll
3. Jaring konsumen baru dari konsumen setia, mereka bisa saja membantu memasarkan dengan menceritakan pengalaman setelah menikmati produk yang kita jual.
Pokok-pokok Pelayanan yang perlu diperhatikan agar pelanggan puas dan senang adalah:
1. Setiap pelanggan menginginkan untuk dapat pelayanan yang terbaik dan memuaskan
2. Pelayanan prima dapat menghindarkan terjadinya tuntutan yang tidak perlu
3. Pelayanan prima menghilangkan rasa kecewa pelanggan, misalnya sebagai akibat produk yang kurang memuaskan
Thaks For reading :)
If you have any question you can comment bellow,
Comments
Post a Comment